RUANG BACA

Dicari: Sahabat Pena untuk Siswa Sekolah Dasar
Post by Rizki Ramadhan025 Februari 2013

 

“Cita-cita saya jadi pilot. Kamu cita-citanya jadi apa?” tulis Tatak di kolom pesan kartu posnya. Tatak adalah murid kelas lima SD Delegan 3, Polangan, Sumberharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman. Ia bersama teman-teman di kelas 5 lainnya dan kelas 3 kedatangan Putri Fitria bersama romobongan dari Kelas Inspirasi Yogyakarta. 

Sebagai seorang peneliti dan penulis, Putri bercerita banyak tentang profesinya itu kepada adik-adik di sana. Menariknya, di penghujung sesi, Putri merangkum seluruh materinya itu dengan sebuah praktek. Putri mengeluarkan banyak kartu pos kosong dan membagikannya kepada seluruh siswa. Putri mengajak para siswa untuk menulis di kartu pos itu. 

Menurut Putri,  kartu pos itu adalah media yang baik untuk anak-anak latihan menulis. Karena dengan begitu mereka akan observasi kecil-kecilan tentang  hal yang paling dekat, yaitu dirinya sendiri dan lingkungannya lalu menceritakan ‘temuannya’ itu kepada orang yang tidak mereka kenal. 

Sesuai harapan, para siswa terlihat sangat antusias dengan kegiatan menulis kartu pos itu. Putri bercerita, walau para siswa kelas tiga belum tahu apa itu kartu pos, mereka tetap semangat menuliskanya. Alasannya, “Mereka senang pas tahu nantinya mereka bisa punya teman baru,” cerita Putri. 

Hmm.. jadi penasaran kan dengan kartu-kartu pos itu? Tenang, kita punya kabar baik. Seluruh kartu pos yang dibuat oleh siswa-siswa itu kolom alamat tujuannya masih kosong dan siap dikirimkan kepada siapa pun, termasuk kita, para anggota Card to Post ini. 

“Dengan begitu, mereka bisa punya sahabat pena dan terus melatih kemampuan mereka menulis. Menulis adalah pelajaran yang paling mendasar di sekolah. Tugas saya hanya mengingatkan mereka bahwa dengan menulis pintu cita-cita masa depan mereka akan terbuka luas.” ujar Putri. 

Nah, untuk yang mau dikirimkan kartu pos ini, cukup berikan alamat kalian ke email kelasinspirasiyogya@gmail.com. Segera yah.. 

"Nanti dibalas kan, Buk? Saya mau cerita cita-cita saya..," – Adam dari kelas lima mengutarakan hal itu kepada Putri saat sedang bersemangat menulis kartu pos. Ya, Adam, Tatak, dan teman-temannya yang lain akan menitipkan cita-citanya kepada kita. Jadi, mari kita teruskan semangatnya dengan terus membalas cerita pada kartu-kartu posnya. 

 

 

*

Kelas Inspirasi, adalah gerakan yang diinisiasi oleh Yayasan Indonesia Mengajar. Mengajak para pekerja dari berbagai bidang untuk berbagi cerita tentang keprofesiannya. Di tahun ini, Kelas Inspirasi digelar di tujuh kota berbeda dan berhasil melibatkan 1064 relawan pengajar

Kelas Inspirasi tahun 2013 digelar di tujuh kota berbeda, berhasil melibatkan 1.064 relawan pengajar

 

comments powered by Disqus

Selamat datang di Cardtopost, silakan masuk ke kamar untuk cek daftar minta alamat. Atau mau pamer kartu pos?

shout out
Muhammad Fachrizal

19 Februari 2017 18:55:18

Muhammad Fachrizal

Menerima swap0menswap wqwqwq

much asad royan purnadi

16 Februari 2017 14:15:50

much asad royan purnadi

hallo teman2 lama tak jumpa .. mari berbagi kembali kirim kirim kartu nyaa..

Dian Saputra

16 Februari 2017 13:13:17

Dian Saputra

Selamat hari bermalas-malasan (Effek mendung dan hujan seharian) hehe

Nurul Istiqomah

14 Februari 2017 14:52:12

Nurul Istiqomah

ada yang mau kirim-kirim kartu pos ?? :))

Tyas Dwi Arini

13 Februari 2017 17:22:25

Tyas Dwi Arini

Sudah request alamat ya Caecilia Ega :)

Video Dokumentasi 1000 Kartu Pos Untuk Presiden [Februari-September 2012]

shout out

24 Februari 2017

25 Februari 2017

26 Februari 2017

27 Februari 2017

Yahoo Messenger