RUANG BACA

Cerita dari Proyek #PostcardtoStranger
Post by Rizki Ramadhan005 November 2013

Ada yang pernah nonton film Mary and Max ? itu film seru banget. Bercerita tentang Mary, anak perempuan di Australia yang mengirimkan surat secara random ke alamat yang diperolehnya drai buku telpon Yellow Pages. Suratnya itu akhirnya sampai ke alamat Max, seorang tua yang hidup sendiri di apartement. Gara-gara surat itu mereka yang terpisah benua pun bersahabat. Selama bertahun-tahun keduanya intens berkirim surat. Tanpa pernah bertemu, mereka pun menjadi sepasang sahabat lewat surat.

Terinspirasi dari cerita itu, Card to Post jadi tertarik bikin kegiatan yang sama kayak dilakukan Mary dan Max. Karena itulah, pada tanggal 12-13 Oktober lalu, tepatnya saat Card to Post diajak buka booth di acara Social Media Festival 2013, Card to Post menggelar proyek “Postcard to Stranger”. Jadi, semua pengunjung booth Card to Post di sana diajak untuk membuat kartu pos ditempat. Nah, sesuai namanya, di proyek ini, kartu pos yang dibuat akan dikirimkan ke alamat yang random. Si pembuat tak diberi tahu kartu posnya akan dikirimkan ke siapa.

 

Alur mainnya seperti ini. Pertama, kita harus membuat kartu posnya terlebih dahulu. Di booth, CtP menyediakan banyak sekali kartu pos kosong yang bisa dikreasikan. Tentunya, sejumlah perkakas gambar dan handcrafting kami sediakan. Kedua, setelah selesai berkarya di kartu pos, sisi belakang kartu poslah yang diisi, pesan-pesan perkenalan pun dituliskan. 

Ketiga, di kolom alamat, peserta hanya menuliskan alamat asal (yang dibawah di tulisan DARI) saja, sementara kolom alamat kirim ((yang dibawah di tulisan Kepada)  dikosongkan. Keempat, pengirim harus menuliskan lagi alamat rumahnya di sebuah label stiker. Nah, terakhir, setelah acara selesai, kolom-kolom alamat kirimnya kami isi dengan alamat yang dituliskan dilabel itu, secara random. 

Seru kan? Pastinya. Apalagi banyak banget temen-temen yang mampir ke booth CtP untuk bikin. Kebanyakan mengaku belum perna berkirim kartu pos sebelumnya. Awalnya, mereka ragu dan bingung dengan kegiatan berkirim kartu pos ini, apalagi dikirim ke orang yang belum mereka kenal. Tetapi setelah dijelaskan bahwa dengan ikutan proyek ini kita bisa dapet kartu pos seru dari temen baru, mereka dengan antusias langsung ikut. Bahkan, ada juga yang ketagihan sampai bikin lebih dari satu kartu pos. 

Kalau tak salah ingat, ada sekitar 80 kartu pos yang CtP kumpulkan. Dan ya, untuk ikut kegiatan ini CtP tak mematok harga, untung saja ada beberapa pengunjun yang berbaik hati berbagi sumbangan untuk membeli prangkonya. 

Setelah acara selesai, seluruh kartu pos pun ditempeli prangko dan dikirimkan lewat kantor pos pada tiga hari setelahnya. Semua kartu pos yang dibuat sudah kami arsipkan dalam bentuk foto. Tapi, kami memilih untuk menyimpannya dan tak banyak mengunggahnya. Kayaknya akan lebih seru kalau si penerima kartu posnya saja yang memamerkannya. 

Semoga kartu pos itu bisa mengawali pertemanan yang baik, menjalin persahabatan kartu pos yang akrab serta  membuat para pesertanya merasakan kesenangan berkirim kartu pos. 

“Sometimes, stranger can makes best friend,” Selamat berkorespondensi. 

 

*** 

Beberapa hari setelah dikirim, akhirnya #PostcardtoStranger pun sampai di alamat tujuan. Dan inilah beberapa kesan dari para penerimanya yang kami tangkap di kicauannya di Twitter. 

 

Oya, untuk temen-temen lain yang sudah menerima kartu pos @postcardtostranger harap kabari yah. BIsa lewat twitpic ke akun Card to POst dan akun si pengirim atau langsung membalas kartu pos tersebut. Terima kasih. :D 

 

comments powered by Disqus

Selamat datang di Cardtopost, silakan masuk ke kamar untuk cek daftar minta alamat. Atau mau pamer kartu pos?

shout out
Muhammad Fachrizal

19 Februari 2017 18:55:18

Muhammad Fachrizal

Menerima swap0menswap wqwqwq

much asad royan purnadi

16 Februari 2017 14:15:50

much asad royan purnadi

hallo teman2 lama tak jumpa .. mari berbagi kembali kirim kirim kartu nyaa..

Dian Saputra

16 Februari 2017 13:13:17

Dian Saputra

Selamat hari bermalas-malasan (Effek mendung dan hujan seharian) hehe

Nurul Istiqomah

14 Februari 2017 14:52:12

Nurul Istiqomah

ada yang mau kirim-kirim kartu pos ?? :))

Tyas Dwi Arini

13 Februari 2017 17:22:25

Tyas Dwi Arini

Sudah request alamat ya Caecilia Ega :)

Video Dokumentasi 1000 Kartu Pos Untuk Presiden [Februari-September 2012]

shout out

24 Februari 2017

25 Februari 2017

26 Februari 2017

27 Februari 2017

Yahoo Messenger